Road Trip

Halo weekend yang sudah mau berakhir! apa saja yang sudah dikerjakan dalam libur 2 hari ini? rebahan sambil nonton drama di netflix/viu/telegram? *evilsmirk*, temu kangen dengan teman atau keluarga, atau liburan?

Lihat di TV akhir akhir ini jalanan memang lebih padat dari hari biasa terutama tujuan luar kota Jakarta. Artinya semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi dibanding transportasi umum macam pesawat atau kereta untuk bepergian jauh. Memang dalam masa pandemi seperti ini risiko naik transportasi umum lebih tinggi dibanding kendaraan pribadi.

Kalau ngomongin perjalanan jauh via darat (selain kereta ya), saya sendiri cukup jarang melakukannya. Maklum jarang pulkam, hahaha. Rute terjauh di Pulau Jawa sebatas Jakarta – Jogja dan di Pulau Sumatera sebatas Jakarta – Bengkulu, tetapi yang paling teringat tentunya perjalanan Jakarta – Palembang (kampung sendiri).

Jauh sebelum ada tol dari Bakaheuni – Palembang, kami sekeluarga selalu berangkat malam hari dari rumah. Naik kapal tengah malam dan berlabuh di Pelabuhan Bakaheuni sekitar jam 2 atau 3 dini hari. Mampir untuk makan di Rumah Makan Begadang 1- 4 yang tersebar di Lampung, istirahat sebentar sampai matahari terbit kemudian lanjut perjalanan menuju Palembang melewati Lintas Timur/Lintas Tengah Sumatera.

Sepanjang perjalanan, mobil tanpa henti memutarkan banyak lagu dari kaset yang ngga lupa dibawa dari rumah ataupun dari radio. Lagu yang jika diputarkan sekarang mengingatkan moment dan pemandangan yang dilewati saat perjalanan. Dari lagu Alm. Chrisye, Dewa 19, Kahitna dan penyanyi lawas lainnya bergantian menemani.

Nah beberapa waktu lalu saya ngga sengaja menemukan lagu lagu yang buat saya makin kangen untuk melakukan road trip lagi. Lagu yang saat pertama kali didengarkan langsung bikin saya halu lagi road trip di New Zealand atau menyusuri jalanan di Switzerland (apalagi abis ikutan virtual trip pula!) šŸ¤£

Kebetulan juga #SpotifyWrapped2020 berhasil merangkum musik yang paling banyak saya dengarkan selama setahun ini, and yess tebakannya benar. Lagu lagu di Playlist Road Trip Spotify saya menduduki posisi teratas.

Jujur, telat banget tau band bernama Ten Towers. Lagu mereka saya temukan saat menonton vlog seorang youtuber terkenal. Coba mendengarkan lagu mereka yang lain dan ternyata cocok dengan selera musik saya. Makin bertekad lah ini kalau suatu saat sudah berani road trip, perjalanan lokal saja, playlist ini wajib diputar.

Abaikan posisi 3 – 5 jika tidak ingin terasa galau di perjalanan, hahaha. Ada alasan tersendiri menempatkan lagu tersebut dalam playlist. Terkadang ada masa dimana kita flashback kejadian masa lalu saat memandang jauh dari balik jendela (ayoo ngaku siapa yang kayak gini juga?), dan lagu mba Taylor di folklore itu cocok banget.

Ah, saya juga menyelipkan 2 lagu berbahasa Korea. Salah satunya merupakan soundtrack drama Korea yang pernah saya tonton. Dramanya secara visual enak ditonton karena sinematografinya cakep dan beberapa kali ditampilkan scene saat winter di Estonia. Lagu kedua dari CNBLUE (teteep) yang judulnya Winter Again. Pas kan 2 lagu ini didengarkan saat perjalanan di musim dingin, ya kalau masih di Indonesia pas lagi hujan lah.

Baru ada 10 lagu di playlist, lagu yang saya pilih sambil membayangkan road trip dan mood saya saat itu. Apa ada yang punya lagu favorit untuk didengarkan saat perjalanan? coba sini kasih tau saya biar coba untuk didengarkan, hehehe.

2 Comments Add yours

  1. Lynn says:

    Taylor’s folklore ga ada obaaaatt bagusnya hahaha… I personally love betty.

    1. presyl says:

      setujuuu! masih mendalami evermore tapi efek folklore langsung bikin waww sih di pendengaran pertama, beneran ga ada yang failed gitu lagunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s