Parasite – 2019

Sewaktu tau ada film Korea memenangkan Palme D’or yang merupakan award tertinggi di ajang Cannes Film Festival 2019, mikirnya cuma ‘oh keren ya’ dan ternyata tayang juga loh di Indonesia sejak beberapa hari lalu. Langsung pesan tiket nonton H-1 soalnya kalau pesan pas hari H selalu ngga kebagian jadwal yang pas di bioskop yang dekat kantor.

Ngerasa tumben ngga sih baca blog ini ada bahasannya tentang film? Sebenarnya niatannya cuma untuk kasih komentar alias review seadanya biar kamu juga ikutan nonton film ini juga. Alasannya apa?

KARENA SEBAGUS ITU FILM NYAA.

Parasite menceritakan tentang keluarga Kim yang terdiri dari Ayah dan Ibu yang tidak punya pekerjaan serta 2 anak yakni Ki Woo yang sudah gagal berkali kali masuk universitas dan Ki Jung sang adik perempuan. Mereka tinggal di hunian kecil dan semi bawah tanah. Kehidupan mereka memprihatinkan, sulit untuk membeli makanan layak sampai telepon dan jaringan internet harus diputus hingga membuat Ki Woo dan Ki Jung curi curi tumpangan wifi tetangga/toko yang tinggal di atas rumah mereka (*cough, judul film)

Hingga satu hari temannya Ki Woo (cameo nya Park Seo Joon 😍) datang menawarkan pekerjaan menjadi guru les bahasa Inggris seorang murid SMA yang keluarganya sangat kaya raya (keluarga Park). Walaupun bukan mahasiswa, tetapi dengan kreatifitas adiknya dan rekomendasi temannya, Ki Woo tampil menjanjikan untuk menjadi tutor.

Alur cerita menjadi seru ketika muncul kesempatan untuk Ki Woo merekomendasikan Ki Jung sebagai guru les seni bagi anak bungsu keluarga Park. Lagi lagi dengan kenaifan Nyonya Park, Ki Jung akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar.

End.

Cukup sekian plot nya karena takutnya jadi spoiler, hahaha. Ide awal ceritanya menarik kan? menggambarkan pertemuan antara keluarga kurang mampu dengan keluarga super duper kaya dan cara mereka memperlakukan satu sama lain.

Alurnya pun apik ngebawa kamu menikmati kejadian kejadian lucu di awal hingga membuat kamu tegang menuju akhirnya. Klimaksnya dapat banget, kamu bakal tau turning point nya dan mulai menerka nerka ending film (hint: perhatikan poster film ya), yang ternyata walaupun sudah punya bayangan akan seperti apa ending nya ternyata tebak tebakan saya masih salah juga πŸ™ƒ. Mindblowing!

Selain plot cerita, satu yang suka banget dari film ini adalah sinematografinya. Cantik banget! Dari setting tempat tinggal mereka hingga framing para pemerannya.

Ah poin plus satu lagi, akting pemeran utama dan pendukungnya ngga usah diragukan lah, mereka berhasil membawa kita di satu sisi mendukung Keluarga Kim dan lain waktu tiba tiba kita jadi mendukung Keluarga Park, tetapi saya paling suka sama aktingnya Park So Dam yang memerankan Ki Jung. Walaupun masih muda tetapi ngga kalah sama aktor veteran lainnya.

Jadi sebelum film ini turun layar, gih kalau punya kesempatan buruan nonton, habis itu cerita cerita lagi sama saya bagaimana reaksinya setelah selesai menonton film ini. Apa bakal sama dengan saya yang cuma bisa bengong, terdiam tanpa beranjak, terus mikir sambil credit title film ini berjalan.

Note: Parasite ngga ditayangkan di XXI ya

14 Comments Add yours

  1. Ranger Kimi says:

    Sepertinya banyak banget yang bilang film ini bagus. Di Twitter juga rame yang ngomongin. Baiklah kalau begitu. Mari kita nonton film ini! πŸ˜€

    1. presyl says:

      yesss, sebelum tergantikan dengan spiderman

  2. @nurulrahma says:

    Aku teracuni πŸ˜€ Rencana mau nonton pekan ini di CGV

    1. presyl says:

      yeaayy, semoga masih tayang ya, langsung cuss beli tiket online aja dulu

  3. ndu.t.yke says:

    Unique ugha film ini

    1. presyl says:

      Yuhuu mba, seru

    1. presyl says:

      CGV, Cinemaxx dan ada beberapa bioskop lain di luar itu mba

  4. dinimuktiani says:

    Di CGV yak? Biasanya film2 Korea muncuknya di CGV πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    1. presyl says:

      Iyaa din, di CGV ada, Cinemaxx dab ada beberapa bioskop lain di luar 2 itu tapi tetap ga masuk XXI

  5. nyonyasepatu says:

    Belon nonton ini. Bagus ya katanya

  6. Pengen nonton ini sayang di Belanda belum nongol 😦

    1. presyl says:

      Waah biasa liat anggi di TL twitter terus muncul di komen πŸ˜…
      Sabaaar, semoga sampai kesana juga filmnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s