Rekomendasi Drama Korea Paling Favorite Sepanjang Masa – Part I

Sebagai salah satu penikmat tontonan drama Korea sejak lama, ngga sedikit yang bertanya pada saya.

Punya rekomendasi drama Korea yang bagus ngga?

Jangan heran juga kalau pertanyaan tersebut ngga hanya ditanyakan oleh teman perempuan tetapi juga beberapa teman laki-laki. Akibat pertanyaan tersebut saya jadi kepikiran untuk membuat list rekomendasi atau lebih tepatnya list drama Korea terfavorit sepanjang masa versi saya. Karena drama yang bagus itu banyak, tetapi yang menarik dan berkesan itu sedikit.

Saya buat jadi 4 kategori biar lebih memudahkan.

  1. Slice of Life
  2. Rom-com/Romantic Comedy
  3. Melodrama
  4. No Romance

Mari kita mulai dari kategori favorite saya, SLICE OF LIFE

MISAENG/INCOMPLETE LIFE

Sinopsis: Jang Geu Rae yang gagal menjadi pemain Baduk (Igo) profesional dan beralih menjadi pekerja magang/intern di sebuah kantor besar dengan “hanya” bermodalkan ijazah kelulusan setara SMA. Menceritakan bagaimana dia bertahan di kehidupan perkantoran dengan menganut prinsip Baduk yang pernah dipelajarinya dan pemikirannya yang out of the box.

Satu satunya drama Korea yang pernah saya bahas di blog, menduduki peringkat #1 di hati saya dan belum terkalahkan. Kenapa sebegitu sukanya sama drama ini? because I feel like Jang Geu Rae~ huehehe. Lucunya, ada salah satu adegan yang bikin saya ternangis nangis saat nonton drama ini dan beberapa hari kemudian peristiwanya jadi nyata di kehidupan saya. Bagaimana ngga makin sayang sama pemain utamanya :))

Alasan harus menonton: ceritanya relatable banget sama kehidupan banyak orang, ngga terkecuali buat kamu juga yang lagi ngerasa capek sama kehidupan perkantoran. Eh tetapi bukan berarti ngga bisa dinikmati sama yang lain juga loh.

REPLY 1997/ANSWER ME 1997

Sinopsis: Kehidupan Sung Shi Won seorang anak SMA tahun 90an dan 5 orang sahabatnya yang dipertemukan lagi saat reuni tahun 2012. Alur cerita yang maju mundur dalam rentang waktu tahun 1997 hingga 2012 yang juga memaksa penonton untuk menebak siapa suami pemeran utama yang disembunyikan di awal episode.

Reply 1997 merupakan series pertama dari 3 series Reply. Inti cerita utamanya itu 3 F. First Love, Friendship, and Family. Bingung juga sih mesti memasukan drama ini ke genre Slice of Life atau Rom-com, tetapi karena ceritanya ngga melulu tentang Romance, makanya tidak saya masukan ke genre Rom-com. Drama ini saya sudah tonton sampai 3x saking sukanya! hahaha, drama yang mengingatkan saya (dan mungkin kamu) sama cinta pertama, *malu malu kucing*. Banyak banget dialog yang quote-able banget buat diposting di socmed.

First love. The reason everyone’s first love is beautiful is not only because the love was pretty. At the time of first love, there was a youthfulness that didn’t know how to be wise, a me who was pure to the point of cruelty, and a you whose fire I couldn’t handle. It’s because I already know that I can never go back to that youthful, innocent, passionate time.” – Yoon Jae

Alasan harus menonton: paket komplit pokoknya! lucunya dapat, sedihnya ada, bapernya apa lagi #eaaa. Ceritanya ringan banget dan bisa buat kita nostalgia sama kehidupan di tahun 90an, terutama masa-masa jadi anak SMA *ya walaupun jaman SMA saya juga tahun 2000an sih*

REPLY 1998/ANSWER ME 1998

Sinopsis: Cerita sehari hari 5 lima orang sahabat dan keluarganya yang tinggal berdekatan di salah satu daerah di Seoul pada tahun 1988.

Reply 1988 ini merupakan series ketiga setelah Reply 1997 dan Reply 1994. Inti ceritanya juga setipe dengan Reply sebelumnya, 3 F (Family, Friendship and First Love) dan permasalahan “siapa suami pemeran utama“. Bedanya, Reply 1988 ini lebih kuat cerita tentang keluarga dibanding cerita cintanya. Walapun tetap menimbulkan perdebatan di dunia fans drama Reply series akibat “tokoh suami” yang dirahasiakan sejak episode pertama. Salah satu drama yang membuat saya nangis sejadi-jadinya di beberapa episode. Fyi saya bukan tipe yang gampang nangis juga saat nonton drama, tetapi bisa pecah juga nangisnya pas nonton ini.

Alasan harus menonton: chemistry antar 5 orang sahabat dan antar anak dengan keluarganya masing masing itu juara! ditambah setting dramanya yang jadul (tahun 1988) yang mengingatkan ke kita bahwa bercengkrama dengan keluarga dan teman tanpa gadget itu jauh lebih menyenangkan.

Bonus: Park Bo Gum cute nya maksimal!

PRISON PLAYBOOK/WISE PRISON LIFE

Sinopsis: Kim Je Hyuk, seorang atlet bisbol nasional Korea yang mendekam di penjara akibat membunuh pelaku kekerasan seksual terhadap adik perempuannya.  Menceritakan hubungan Kim Je Hyuk dengan sesama narapidana dan para sipir yang bekerja di sana, yang ternyata salah satu sipirnya adalah sahabatnya sendiri.

Dramanya memang berkutat di lingkungan penjara, tetapi penggambaran tempat dan para narapidana di sana ngga seseram yang dibayangkan orang. Banyak cerita personal para narapinda yang menjadi unsur hiburan plus banyak pelajaran yang bisa diambil juga. Drama yang saya tonton secara marathon saat saya ngga masuk kantor selama 2 minggu beristirahat di rumah, hahaha.

Alasan harus menonton: Plot ceritanya bagus, komedinya dapat banget walaupun mereka ngga bermaksud ngelucu, akting para pemainnya keren plus unexpected ending!

~~~~

Lanjut membahas kategori kedua, Rom-Com!

Bukan termasuk pecinta drama romantis tetapi kalau lagi pusing sama kehidupan #halah bawaannya mau nonton drama yang ringan dan harus happy ending~

SASSY GIRL CHUN HYANG

Sinopsis: 2 pelajar SMA dengan karakter yang berlawanan terpaksa dinikahkan oleh orang tuanya dikarenakan kesalahpahaman yang terjadi. Menceritakan perjalanan mereka sebagai suami istri dari jaman SMA hingga keduanya sudah bekerja.

Salah satu drama yang saya tonton lebih dari sekali dan masih tertawa ngakak di beberapa adegannya. Drama yang merupakan adaptasi modern dari kisah di jaman Dinasti Joseon ini ngehits banget pada tahun 2005. Walaupun sampai sekarang banyak drama Rom-com yang baru tetapi yang bisa bikin dari ketawa ngakak terus tiba-tiba nangis itu yaa Sassy Girl Chun Hyang.

Alasan harus menonton: Pemeran utama perempuannya cantik banget ngga ada obat, hahaha. Sedangkan pemeran utama prianya ngelawak melulu hampir sepanjang drama. Pokoknya bakal dibuat gemes sama kedua pemainnya. Tambahan: Soundtracknya oke *emot*

MARRIAGE NOT DATING

Sinopsis: Gong Gi Tae, seorang dokter plastik  yang dipaksa menikah secepatnya oleh orang tuanya. Demi menghindari tawaran ‘blind dates‘ dan pernikahan, Gong Gi Tae akhirnya mengenalkan perempuan yang dia tau ngga bakal disetujui sama orang tuanya sebagai pacarnya.

Selucu-lucunya komedi di drama romantis ya salah satunya drama ini. Ngga tau sih ini humor saya yang receh atau apa, tetapi setiap episodenya itu selalu ada yang buat ketawa. Walaupun kadang gregetan sama jalan cerita (plus pemeran utama wanitanya) dan banyak adegan lebaynya, tetapi karena lebay itu makanya jadi lucu.

Alasan harus menonton: asupan buat ketawa. udah itu aja, hahaha.

FIGHT FOR MY WAY

Sinopsis: 2  orang sahabat yang saling berjuang untuk menggapai impiannya masing masing yang kemudian~~ jatuh cinta.

Keliatannya tipikal drama romantis pada umumnya, tetapi justru drama ini yang berasa paling realistis menurut saya karena ngga ada karakter orang tajir gila gilaan dan ngga ada juga pihak orang tua kaya yang sering jadi pengganggu hubungan pemeran utama. Karakternya macam orang normal pada umumnya.

Alasan harus menonton: cerita cintanya manis, tetapi ngga sedikit cerita yang bikin terharu saat mereka berjuang untuk mimpi mimpi mereka dan saling nyemangatin satu sama lain. Poin plus lainnya adalah karakter pemain wanitanya strong banget! sukaaaa.

Bonus tambahan Rom-com drama : Full House dan Princess Hours *everybody knows lah yaaa*

Lanjut ngga nih? hahahaha

2 kategori drama lainnya saya lanjutkan nanti ya, setidaknya 7 drama cukup lah ya buat dipilih pilih jadi tontonan. Atau malah sudah pernah nonton semuanya? atau ada yang punya rekomendasi drama lainnya?

7 Comments Add yours

  1. Salam kenal, Mbak…

    Aku bukan pecinta Drakor Garis keras tapi setiap weekend suka nyari Drakor karena ga tahu mau ngapain kalau lagi ingin nganggur.
    Dari drakor di atas hanya Sassy Girl yang udah tak tonton, hehehe. Kebetulan saya bukan yang hobby nonton drakor karena siapa yang main.

    1. presyl says:

      Ayoo mba coba tonton yang ini, hahaha. Terutama yang slice of life gitu sih, dramanya ga menye menye cinta cintaan mulu, jadi bisa nonton barenh keluarga.
      Salam kenal juga mba

      1. Nah…entar aku coba deh. Lagi nunggu ongoing 1 tamat di KBS 2 yang Feel Good to Die. Plot rada kurang greget tapi moral valuenya bagus hahaha

  2. fika says:

    masih ingat film reply 1997 yang menebak-nebak siapa suaminya pemeran utama ternyata heheheh kakak tirinya. Suka sama drama ini natural banget ceritanya

  3. Sekar says:

    sassy girl chun hyang aku setujuuuuuuu!!!!!!! Yaampun yaampun akhirnya nemu temen juga haha. Ya kan itu drama jadul yeekaan. Ketauan kita angkatan tua mbak haha. Lalu reply 1988 jugaa. Beuh mantep.

    1. presyl says:

      Hahahaha iyaa itu chun hyang jaman aku SMA 🙈

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s