Mendadak Sumatera Barat – Part I

Chapter : Travel

Ketika pertama kali diajak sama Ibu ke Padang sebenarnya saya ogah ogahan, maklum udah kebayang jalannya sama orang tua tua 😅. Cuma disaat lagi butuh liburan dan partner jalan (yang susah banget ditemukan akhir akhir ini) mana mau ditinggal pula sendirian di rumah, jadi cuslaah ikut aja ke Padang.

Dikasih tau rencana awalnya ikut rombongan orang (mereka masih ada hubungan keluarga dan pertemanan sesama orang asli Sumatera Barat), ke Bukittinggi 2 hari, 3 harinya dihabiskan di Maninjau. Tanya dong saya bakal menginap dimana, terus nanti mau kemana aja dan selalu dijawab “ngga tau ngga tau, nanti ajalah itu” sebagai orang yang lebih suka terkoordinir dalam urusan jalan jalan, akhirnya saya inisiatif buat pesan hotel untuk 2 malam (buat saya sama orang tua saya aja) yang ternyata di perjalanan berubaaaaah.

HAHAHAHAHA 😔😔😔😔

Sehari menginap di rumah ini, besoknya lagi di rumah itu, dan besoknya lagi gataulah 😂

Menginap di Bukittinggi cuma semalam, itupun baru check in jam setengah 12 malam dan jam 8 pagi udah (terpaksa) check out. Mau kesel juga yaudahlah ya jalanin aja, toh kekesalan saya langsung hilang ketika melihat pemandangan yang luar biasa cantiknya.

1. Lembah Harau

Lembah Harau

Sempatkan untuk berhenti ketika melewati Lembah Harau ya (sekitar 1,5 jam dari Bukittinggi melalui Payakumbuh), pemandangannya bagus dan ini terletak di pinggiran jalan raya. Sebagai penanda kalau kamu berhenti di tempat yang benar, terdapat undakan untuk spot foto bersama dengan tulisan Harau Valley yang terpampang besar, jadi jangan sampai kelewatan. Bagusnya berkunjung ke sini ketika masih pagi, jadi jalan rayanya pun masih sepi, puas untuk foto foto. Walaupun tetap waspada sama kendaraan yang lewat ya.

Ngga jauh dari Lembah Harau, sekitar 600-700m kemudian bisa ditemukan juga air terjun lembah harau. Di tempat ini banyak warung yang menjajakan makanan minuman, bisa sekalian bersantai kalau kamu mau.

2. Kelok 9

Masih di kecamatan yang sama dengan Lembah Harau, kalian bisa melewati kelok 9 yang ngga kalah terkenal dengan kelok 44. Jarak dari spot Lembah Harau tadi kurang dari 20km, sekitar setengah jam waktu yang dibutuhkan. Jalan berkelok ini diapit bukit bukit tinggi dan berbatasan dengan jurang pula, untuk menuju ke Provinsi Riau biasanya melalui jalan ini.

Sejak tahun 2013 di kelok 9 sudah diresmikan jembatan layang di atas jalan ini berhubung jalur lama sudah terlalu padat dilewati kendaraan. Lalu keistimewaannya kelok 9 apa? pemandangan kelok 9 dari atas terlalu sayang untuk dilewati termasuk keindahan konstruksi jembatan layang dengan tiang pancang super tingginya.  Sayangnya, banyak ditemukan tenda tenda berjualan di pinggir jalan. Wajar sih ya kalau di daerah wisata, tapi jadi agak mengganggu pemandangan aja 😅

Kelok 9

Kelok 9

Langit kelabu dan hujan rintik yang akhirnya membuat kami ngga berlama lama di kelok 9 dan langsung menuju destinasi berikutnya.

3. Kiniko Rumah Kopi

Terletak di Kab. Tanah Datar, Batusangkar, di tempat ini kita bisa menikmati kopi kawa khas Sumatera Barat yang ternyata bahan bakunya berasal dari daun kopi.

Terus rasanya kayak kopi biasanya ngga?

Sebagai orang yang tidak terlalu suka kopi, kopi kawa ini ternyata enak, hahaha. Tidak pahit seperti kopi pada umumnya. Belum lagi ketika diseruput menggunakan batok kelapa atau dengan cangkir jaman dahulu, di tengah hawa dingin dan bau tanah setelah hujan, plus dimanjakan dengan pemandangan seperti ini.

Kiniko Rumah Kopi

Kiniko Rumah Kopi

Nikmat mana yang kau dustakan!

Ngga cuma kopi kawa yang dijual disini, ada juga kopi dan teh kayu manis yang ngga kalah berkhasiat dan enak pula. Oiya, kalian juga bisa membeli bahan bakunya disini untuk diseduh sendiri di rumah atau dijadikan oleh oleh. Harga per bungkus daun kopinya juga murah kok, hanya Rp20.000 saja.

4. Istana Basa Pagaruyung

Lanjut lagi perjalanan menuju Istana Basa Pagaruyung di daerah Batusangkar yang berjarak kurang lebih 20km dari Kiniko Rumah Kopi. Istana ini merupakan bangunan rumah gadang versi asli dan jauh jauh lebih megah dari rumah gadang yang pernah saya lihat di TMII (yaiyalah yaa).

Di tempat ini juga menyewakan baju adat minang loh untuk foto foto, cukup bayar Rp35.000 saja untuk sekali pakai. Salah satu pasangan di rombongan saya ada yang sewa baju ini, terus foto foto layaknya pasangan muda yang lagi foto pre wedding di tempat yang sama, padahal cucu mereka sudah empat. Cool!

Istana Pagaruyung

Foto di atas itu saya ambil sekitar jam setengah 5 sore, untung cerah setelah seharian itu langitnya abu abu. Perjanjian awal sih hanya berkunjung selama setengah jam soalnya perjalanan masih panjang. Apa daya molor sampai jam 6 sore (menjelang magrib), tetapi beruntungnya bisa foto bersama tanpa banyak orang lalu lalang. Jadi sepertinya lebih baik datang menjelang tutup deh ya.

Istana Pagaruyung

Pengantin dan dayang dayang :)) Bapak bapak lain ngga ikutan foto karena sudah terlalu lelah :))))

Eh, perlu lanjut ngga nih? Kok kayaknya berasa udah kebanyakan foto ya, padahal cerita masih panjang 😂😂.

Lanjut ajalah ya di part II, nyeritain jalan jalan kemana aja di Bukittinggi (karena sewaktu bersama rombongan saya memang ngga ke tempat wisata sama sekali selain jam gadang) dan ada drama apalagi di perjalanan yang semuanya dadakan dan ngga terencana sama sekali 🤣

Advertisements

14 thoughts on “Mendadak Sumatera Barat – Part I

    1. Udah lama banget itu mbaaa, mesti kesana lagi sih itu. Tapi gara gara ke sumbar aku malah sekarang pengen ke sumut juga, ngeliat danau toba 😁

  1. Eh sumpah Sumbar cantik banget kak T_T
    Aku selalu pengen ke Padang simply karna aku pengen makan nasi Padang langsung di Padang 😛 Tapi baca post ini aku ngiler banget sama pemandangannya juga. Lembah Harau looks so magical ❤

    1. Bangeett, aku sama sekali ga kepikiran banyak spot bagusnya. Nantiin yang part II ya dit, ada yang jauh lebih magical daripada lembah harau 😆

    1. Hahaha itu juga gue upload karena disuruh temen blog gue rik. Lembah harau emang keren rik, apalagi itu di pinggir jalan, nantiin yang part 2 ya, ada yang lebih keren lagi 🤣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s