Kimi No Na Wa (Your Name)

Perjalanan berjam-jam lamanya yang membuat saya memilih film film yang saat itu ditawarkan pihak airlines. Saya tidak mengingat judul, tetapi saat melihat poster film-nya langsung teringat “ah.. saya pernah membaca berita film ini di Line Today, ditonton sajalah” dan ternyata keputusan menonton film ini tepat, sukaaaaa banget dan baru tersadar kalau ini ngehits banget di negara asalnya Jepang. Terbukti juga dari penumpang sebelah kanan, kiri, serong depan saya saat berangkat maupun pulang semuanya menonton film ini, padahal bapak bapak loh.

gambar diambil dari sini

Once a while, when I wake up, I find myself crying, I can never recall, but there’s sensation that I’ve lost something, lingers for long time after I wake up. I’m always searching for something, for someone.

Kimi No Na Wa (Your Name in english title) menceritakan tentang seorang perempuan bernama Mitsuha yang sudah bosan hidup di kota kecil tempat dia tinggal. Keluhan akan masa depan yang tidak jelas sampai tidak adanya cafe di daerahnya membuat dia ingin terlahir sebagai lelaki yang hidup di Tokyo,

dan keinginannya dikabulkan.

Suatu hari Mitsuha terbangun dalam tubuh siswa laki-laki yang tinggal di Tokyo bernama Taki. Sebaliknya jiwa Taki malah pindah ke dalam tubuh Mitsuha. Mulailah drama 2 orang yang tak saling mengenal saat bertukar tempat, dari penyesuaian diri dengan lingkungan, orang-orang sekitar, serta kehidupan pribadi yang dijalani.

Lucunya, di awal pertukaran tubuh mereka sama sekali ngga sadar karena merasa yang dialami itu hanya mimpi. Setelah sadar diri mereka tertukar, mereka mulai meninggalkan notes untuk satu sama lain agar tidak bingung dengan perubahan yang ada dan tentunya melindungi kehidupan pribadi masing masing biar tidak ketahuan.

Sampai pada akhirnya mereka berhenti bertukar tubuh tanpa alasan yang jelas. Kehidupan mereka kembali normal walaupun orang-orang di sekitarnya sadar bahwa selama ini yang bersama mereka itu bukan Mitsuha dan Taki yang sebenarnya. Taki yang akhirnya penasaran mulai mencari keberadaan Mitsuha, mengejar ke tempat yang dulu pernah ia datangi sewaktu menjadi Mitsuha hanya dengan petunjuk gambar yang dia buat berdasarkan ingatan.

Hmm, perlu lanjut ngga nih ceritanya?

Ah ngga usahlah yaa, biar penasaran #pffttt karena setelah itu penonton bakal menemukan plot twist yang ngga disangka-sangka, kalau saya ceritakan lebih lanjut nanti jadi spoiler ;p

Saran: perhatikan opening scene dengan baik, narasi yang diucapkan, dan penjelasan yang diceritakan salah satu karakter, biar ngga bingung dengan adegan  menjelang akhir cerita.

Intinya, film anime ini recommended untuk ditonton, alur cerita yang tidak dapat ditebak endingnya, plot twist-nya berhasil memancing emosi penonton seperti saya ini yang tiba-tiba ngga sadar aja udah keluar air mata #ups, belum lagi cinematography yang harus diacungin jempol karena indah banget! seriusan, ngga bohong.

kimi-no-nawa-station

kimi-no-nawagambar diambil dari sini

Ah, satu lagi unsur penting pendukung kerennya film ini, soundtrack!  semua lagu dan musik di sepanjang film dibuat dan dinyanyikan oleh Radwimps *salah satu band Jepang favorite saya selain One OK Rock, hehe* Thumbs up buat Yojiru Noda *sang vokalis dan composer* yang berhasil membuat saya berurai air mata mendengar lagunya (Dream LanternSparkle and Nandemoinaiya are my favorite!), lebay yes? hehehe abis gimana dong melodi dan liriknya sesuai banget dengan setiap scene yang ada

Kalau ditanya mau nonton lagi ngga film-nya? MAUUUUU! dan berhasil~  nonton di layar lebih besar dibanding layar tv pesawat pastinya ya, hehehe. Beruntungnya, film ini akhirnya tayang juga di bioskop Indonesia sejak 7 Desember setelah tayang perdana di Jepang akhir Agustus 2016 lalu, kemudian menyebar di negara negara Asia lainnya.

Nih saya kasih liat trailernya dulu biar makin memotivasi buat menonton

dan setelah itu download soundtrack-nya di spotify, hahaha. Ada yang sudah nonton belum? menurut kamu gimana?

9 Comments Add yours

  1. presyl says:

    I’m searching for you, though I’ve met you not

  2. Lynn says:

    waaaww temenku juga bahas ini di blognya, terus gak ada yang cerita rinci neh endingnya gimana! =))

    1. presyl says:

      Kalau dikasih tau endingnya malah ga seru lyn, soalnya akupun waktu itu ngga bisa nebak akhirnya gimana 😄

  3. penulismalas says:

    Presylll… film ini udah bisa di donwlod gak yaa 😀 😀 aku pensaran jadinya mau nonton,, di sisi lain impian Mitsuha itu kayak aku deh ahhahahaa… pingin banget jadi anak lakik terus keluyuran sejauh jauhnyaaaaa.. tpi di sini sosok Taki gak keluyuran yaa :/

    tapi aku tetepa penasyaraaaaan manjah

    1. presyl says:

      Klo nyari di web web anime itu sepertinya ada, hahaha. Ayoo ditonton, ini seru loh, biar liat endingnya mitsuha bagaimana 😁

  4. zaenudin says:

    ini ceritanya sudah sering di ftv, entah mungkin mana yang niru duluan.. tapi sejauh ini lumayan seru ceritanya

    1. presyl says:

      cerita drama korea pun ada yang mirip juga, hehe, tapi tetep seru

  5. Artha Amalia says:

    Baru tahu tentang anime ini, bagus yah. Cuplikan gambarnya ajah udah ok gitu. Apalagi kisahnya…
    Jadi inget tentang perubahan gender mendadak gini. Saya suka baca webtoon dan ada webtoon teranyar yang isinya tentang cowok jadi cewek, kebalikannya yah. Tapi gak tukeran badan kayak kisah ini sih.

    1. presyl says:

      duh ini anime wajib nonton, asli ngga nyesel. webtoon yg kamu baca itu judulnya apa? boleh lah ntar kapan kapan aku cari juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s