Explore Lombok Final Part – Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Chapter : Travel

Yak! Cerita explorelombok memasuki bagian terakhir di hari keempat dan kelima berada disini *lihat part 1 dan part 2*

DAY 4

Destinasi #1

Air Terjun Sendang Gile

Terletak di Desa Senaru, Kab. Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile ini ternyata masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Perjalanan dari hotel kami di Mataram sampai kesini memakan waktu sekitar dari 2-2,5 jam –yang alhamdulillahnya ngga berasa karena sibuk menginterogasi kehidupan pribadi si Teguh

Sampai di pintu masuk, ternyata kami ditemani oleh pemandu satu orang lagi, sebenarnya sih ngga sulit untuk mencapai Air Terjun Sendang Gile ini, sekitar 10-15 menit menuruni tangga yang ngga habis habis dan berbarengan pula sama wisatawan lain. Tetapi kalau kalian berminat melanjutkan ke Air Terjun Tiu Kelep, ngga ada salahnya memakai jasa mereka karena medannya lebih sulit.

  Foto saya ambil dari sini

Ngga banyak yang kami lakukan di Sendang Gile selain yaa, foto-foto sih ya, huehehe *sambil diliatin dan diketawain bule-bule yang pada duduk memandangi air terjun karena saking hebohnya*. Beberapa juga ada yang berniat berendam di aliran air terjunnya atau sekedar foto-foto juga.

Cuma sebentar waktu yang kami habiskan disini, makanya juga ngga basah-basahan karena masih mau melanjutkan ke destinasi berikutnya. Cuuusss berangkat!

 

Destinasi #2

Air Terjun Tiu Kelep

Ketika menuruni tangga menuju Sendang Gile, nanti bakal bertemu dengan percabangan, nah percabangan ini yang akan menjadi awal perjalanan ke Tiu Kelep. Butuh waktu sekitar 30-45 menit menuju kesana, tetapi perjalanannya ngga semulus sewaktu ke Sendang Gile.

Kalian akan melewati sungai dangkal, bebatuan besar dan licin pula, hutan-hutan, ngga lupa naik turun tangga. Asik sih sebenarnya, masih bisa ngerasain udara yang bersih, ngerasain merendam kaki di air yang bening -tapi dingin-, mendengarkan gemericik air plus selalu ada spot untuk kita sesi foto cantik, hahahaha.

Muka boleh senyum, dalam hati tegang gila foto begini, hahaha. Tetapi tenang, si teguh udah uji coba dan dahannya aman menahan beban berat badan saya ini, huehehe

Namanya juga cewek ya, harap maklum #fufufu

Selain dikit dikit nyangkut buat foto, harap dimaklumin pula kalau dikit dikit “Teguuuuh, bantuin. Teguh, tolong pegangin tangan gue dong. Teguh, jangan tinggalin gue!

Awalnya sih cuma mesem-mesem sambil bantuin, lama-lama “Duh, emak emak ini!” [[[[EMAK-EMAK]]]]] hahaha.

Jadi kalian juga hati-hati ya. Kalau ngga pakai jasa pemandu, mending ngga usah bawa barang macam-macam daripada keribetan sendiri. Saya pun cuma bawa HP sama baju ganti.

Baju ganti? iyaa

Buat apa pres?

Berenang meeeeeen~~ hahaha

Ngga berenang juga sih, nyebur-nyebur aja, huehehe.

Sayang banget ketika sudah sampai disini tetapi badan kalian tetap kering. Karena sumpah menurut saya ini view-nya keren banget dan dapat aja feel-nya. Apa yaa, perasaannya sama sewaktu saya ke Rammang-Rammang. Ngerasa bersyukur banget Tuhan menciptakan alam sebagus ini dan saya masih bisa menikmati.

DSCF1578-02-1024x683

Sesuai namanya, Tiu Kelep dalam bahasa sasak berarti kolam terbang. Diberi nama seperti itu karena percikan airnya dasyat banget sehingga terlihat seperti beterbangan (daripada basah nanggung, mending basah sekalian kan) dan membentuk warna pelangi. Asli, cakeeeepp.

warning: airnya dingin banget! makin ke pinggir makin dalam, jadi hati hati bagi kalian yang mau berenang di kolamnya ya.

Setelah puas main, balik lagi dong menyusuri jalan terjal sebelumnnya, tetapi ternyata kami malah melalui terowongan air biar lebih cepat! haha asli seru. Aliran airnya deras banget *walaupun cetek* plus agak gelap juga, apalagi di dalam malah sibuk ketawa ngomongin “kok berasa jalan di gorong-gorong ya?” :)))

note: jangan pakai sepatu mahal ya, rugi kalau basah total ;p

Sendang Gile

View Sendang Gile dari Kejauhan

Setelah habis tenaga di perjalanan balik *naik ratusan anak tangganya lagi bikin tepar dan kaki gemetaran* sempatin dulu untuk makan dan leyeh-leyeh sambil menikmati view Sendang Gile dari atas yang tidak kalah cakep. Bagi kalian yang mau bilas dan ganti baju, di rumah makan sini juga disediakan kok.

P_20150912_165019-01-1024x576Balik lagi menuju Mataram rasanya masih ngga rela karena malam terakhir berada di Lombok. Sepanjang jalan rencananya sih udah macam-macam, ada yang mau karaokean lah, mau inilah, itulah, tetapi ujung-ujungnya nge-wedang ronde dan makan Ind*mie, hahahaha, tengah malam loh ini *lupakan perut buncit*

Entah karena sudah puas jalan-jalan atau karena malam terakhir, malam itu justru paling buat saya bahagia walaupun cuma duduk ngeleseh makan wedang ronde. Bahagianya membuncah aja karena setelah lelah jalan-jalan, kamu cuma butuh duduk santai sambil tertawa tanpa henti ngebecandain apapun yang bisa dibecandain sama orang-orang yang menyenangkan #bahagiaguemurah.

DAY 5!

Setelah leyeh-leyeh dan berbenah, cuma 1 tujuan kami hari itu di Lombok, bandara! Bukan untuk balik ke Jakarta, tetapi untuk melanjutkan perjalanan kondangan ke Bali~~

******

Akhirnya yaa selesai juga cerita part III nya setelah tertunda karena stok fotonya baru ada, hahaha.

Makasih banget buat mas Ingga yang ngatur semua perjalanan kami selama disana, pokoknya asal tau beres dan senang-senang deh kerjanya *walaupun sayang yaa kita ngga bisa jalan bareng, hohoho*

dan dedek Teguh! hahaha asli menyenangkan ditemanin jalan sama lo dek. Sama sekali ngga berasa jalan sama guide tetapi teman sendiri yang mau berkorban buat fotoin sana sini #pfftt (yes, foto-foto di postingan ini sebagian besar difotoin Teguh). Sampai ketemu lagi nanti ya Teguh, entah di Lombok atau di destinasi yang lain~

selfie, wefie everywhere with Teguh~ *maksa minta ikutan foto*

Ah, postingan ini sekaligus cerita penutup di 2015 yaa, perjalanan ke Lombok selesai tetapi masih ada cerita di Bali plus Dieng (omg! bener bener ngga sempat nyeritain ini, huhu, please kalian harus penasaran!).

Ditunggu ya di 2016, semoga saya tambah rajin posting biar kamu tambah rajin baca, hoho.

Selamat tahun baru semuanya~~

Advertisements

4 thoughts on “Explore Lombok Final Part – Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s