Next Target : Liburan Musim Dingin di Jepang~

Chapter : Travel

Masih ingat banget Februari tahun lalu saya lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan liburan ke Jepang. Dari menyusun itinerary, sibuk booking hostel di 3 kota, sampai blogwalking ke orang-orang yang pernah liburan kesana. Semuanya demi ngebuat perjalanan ke Jepang menyenangkan dan tentunya ngga terlupakan.

Saking menyenangkannya, saat ini saya sibuk pula hunting tiket promo buat kesana lagi, haha *niat abis*. Soalnya ngerasa belum puas kalau cuma ngerasain satu musim (saya kesana saat musim semi), maunya ngerasain musim yang lain dan kebetulan banget teman saya ada yang ngeracunin buat pergi kesana saat musim dingin, biar bisa main ski katanya.

Makin dipikir asik juga kali yaa, langsunglah saya buat list apa aja yang mau dilakukan dan dikunjungi saat musim dingin di Jepang (fyi, tahun lalu saya juga bikin to-do-list saat di Jepang dan percaya ngga semuanya kejadian? *alhamdulillah*)

1. Illumination

Musim dingin merupakan waktu yang tepat untuk ngeliat illumination event.

Marunouchi Illumination

(pict cr. japan-guide)

Di tempat-tempat tertentu, di setiap kota di Jepang menjadi menjadi lebih terang benderang di waktu malam dengan berbagai lampu hias.Biasanya ramai saat musim dingin sekalian menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru.

Shinjuku, Roppongi, Ginza, beberapa area di Tokyo yang mengadakan event ini, tetapi yang terkenal itu di daerah Marunochi, dekat Tokyo Station. Siapa tau bisa sekalian nonton 3D Mapping di depan Tokyo Station, pasti keren banget.

2. Hanatoro

Setipe sama illumination event diatas, bedanya ini di Kyoto dan diadakan hanya 2 kali dalam setahun, setiap bulan Maret di Higashiyama District dan Desember di Arashiyama.

Kyoto itu menurut saya indah banget dan yakin jauh jauh lebih indah strolling di Kyoto sambil ngeliat Hanatoro.

Bamboo Grooves,, Arashiyama saat Hanatoro

(pict cr. japan-guide)

 3. Onsen

Nikmat mana lagi yang kamu cari ketika badan mulai kalah berperang dengan udara dingin kemudian berendam dengan air panas sambil menikmati pemandangan?

Onsen salah satu hal unik dan menjadi hal wajib ketika pergi ke Jepang. Onsen yang paling sering didatangin turis biasanya di Hakone (sekalian Gunung Fuji) atau kalau mau yang di Tokyo biasanya dateng ke Odaiba, tetapi kalau saya pribadi pengen banget nyobain onsen di Kusatsu, daerah yang mempunyai kualitas air panas terbaik. Ada banyak tipe onsen disini, baik pemandian umum yang besar maupun kecil yang hanya bisa menampung tidak lebih dari 10 orang.

Onsen yang menarik perhatian saya itu Kusatsu Otankinoyu, terkenal karena kolam bambunya dan mempunyai tingkat suhu panas berbeda di setiap kolamnya. Cukup membayar sebesar ¥800 untuk menikmati ini.

Kusatsu Otakinoyu Onsen

(pict cr. japan-guide)

Perjalanan ke Kusatsu memakan waktu sekitar 2,5 jam, kalian bisa naik Nagano Shinkansen dari Tokyo Station menuju Karuizawa Station (70 mins, ¥5500 atau bisa gratis dengan JR East Pass!) dilanjutkan menggunakan bus (Seibu Kogen Bus atau Kusakaru Kotsu Bus) dari Karuizawa menuju Kusatsu Onsen (80-100 min, ¥2200-¥3880).

4. Sapporo Snow Festival

Festival yang biasa disebut juga dengan Sapporo Yuki Matsuri ini merupakan festival musim dingin terbesar di Jepang yang bertempat di Sapporo, Hokkaido. Disini dipamerkan beragam pahatan es (dari bentuk bangunan hingga figur populer) yang dibuat oleh seniman-seniman terkenal. Best view-nya itu menurut saya malam hari, soalnya pahatan-pahatan itu bisa menyala >.<

(pict cr. japan-guide)

5. Wisata Kuliner~~

Ngga sah rasanya kalau ke Jepang terus ngga ngerasain makanan khas-nya. Apalagi kalau musim dingin, perut pasti bawaannya laper mulu dan makan jadi salah satu cara buat menangkal dingin, iya kan? iya kan? *ngeles*

Sempatin buat makan udon atau nabe yang berkuah panas untuk menghangatkan perut. Selain banyak ditemukan dimana-mana, udon juga termasuk murah! hohoho~~ harganya sekitar ¥500-¥800, tetapi bukan berarti murah itu ngga enak lho, sekali nyeruput kuahnya pasti ketagihan.

Tempura Udon~

(pict cr. ladyandthefork)

Ah, selain udon dan nabe, jangan lupa ngemil Oden (ngemil!) yang biasanya dijual di pinggir jalan. Duh! waktu itu sayang banget saya ngga sempat buat nyobain ini.

Oden

 (pict cr. gnuvi)

 5. Snowboarding and Skiing

Liburan musim dingin tanpa memasukan snowboarding or skiing dalam to-do-list itu sayang banget, secara yang identik dengan musim dingin itu selain salju yaa main ski atau snowboard kan.

(pict cr. wikimedia)

Waktu lagi nyari tempat main snowboard dan ski yang asik dan dekat dari Tokyo, saya dapat informasi soal Ski Resort Gala Yuzawa. Terletak di daerah Yuzawa, perfektur Niigata, akses menuju kesana mudah kok. Secara Gala Yuzawa ini satu-satunya ski resort yang punya stasiun kereta shinkansen sendiri. Tinggal naik Joetsu Shinkansen dari Tokyo Station menuju Gala Yuzawa Station 77 mins, ¥3670 (gratis kalau kamu punya JR East Pass!)

Di Gala Yuzawa ini kalian ngga usah repot buat beli peralatan ski/snowboard, lengkap kok penyewaan kostum dan alat-alatnya. Kalian juga ngga perlu takut ngga bisa main, disini ada kelas buat ngajarin kita-kita yang ngga bisa. Tenang aja, pengajarnya bisa bahasa Inggris, meminimalkan kesulitan komunikasi, yaa kalau masih ngga jago juga, setidaknya bisa guling-gulingan di saljulah sepuasnya lah, atau malah sibuk mondar mandir naik gondola sih, heuheue..

Gondola

(pict cr. gala-yuzawa)

Btw, kalau kalian punya JR East Pass, kalian bisa dapat 3 pilihan diskon lhoo disini (huhu aku cinta diskonan) dan ternyata Tokyo Rail Days (travel agent yang dikelola oleh East Japan Railway Company) juga ngasih tawaran menarik, buy 1 get 1 free buat liburan di Gala Yuzawa loooh (ooh aku cinta gratisan~~).

poster 1poster 2Yuk, kalau ada promo gratisan begini langsung ajak pasangan kalian buat berlibur. Main ski atau snowboard bareng juga bisa jadi hal yang romantis lho, hahahaa.

Snowboarding berdua, isshh yongseo couple bikin envy >.<

(pict cr. soompi)

poster 3[Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang]

Untuk tau lebih jelas tentang Gala Yuzawa dicek gan website resmi dan fb page-nya

Website resmi:          http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/

Facebook page:       https://www.facebook.com/id.jprail

dan untuk tau lebih lanjut soal promo Tokyo Rail Days, coba di cek disini

JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

Oh iya, tulisan ini saya ikutkan untuk kompetisi blog BBLOG ID “My Ideal Japanese Winter Vacation“, yuk mari ikutan juga dan cek info lebih lanjut di akun socmed mereka.

Facebook  : https://www.facebook.com/BBLOGID
Twitter      : https://twitter.com/bblog_id
instagram : http://instagram.com/bblog_id

*wish me luck*

 

blog competition

berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [3]

Advertisements

5 thoughts on “Next Target : Liburan Musim Dingin di Jepang~

  1. wah .. emang bener kalau orang indonesia liburan pas summer rugi :mrgreen: … saya kalau ke jepang pengen banget makan ramen panas di udara dingin sepertinya mantab 😆 … pengen tahu juga tepanyaki dkk sama engga rasanya kayak di sini …

    1. liburan pas summer ga usah jauh jauh, di indonesia setengah tahunnya abis buat summer ;p
      iyaaa makanan yang berkuah kuah gitu emang wajib coba, tapi pilih pilih juga kaldunya terbuat dari apa, kalau ngga ada pantangan, bebaaas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s