Saya Ini Siapanya Siapa.

Chapter : Workplace

Cerita 1

Waktu itu dapat sms dari seorang mahasiswa yang mau riset di kantor dengan menyebar kuesioner, kalimat yang menarik perhatian saya saat itu seperti ini;

mungkin mbak bisa bantu karena katanya kalau tidak ada kenalan di dalam bakal sulit bisa diisin/lama bisa balik kuesionernya

Saat itu juga saya langsung balas, dan di akhir sms, saya bilang ;

Fyi aja sih, ga perlu kenal orang dalam sebelumnya, karena insya allah siapapun yang mau riset/magang di kantor ini, asal suratnya ada, ga pernah saya lama-lamain ๐Ÿ™‚

Cerita 2

Saat itu ada salah satu rekanan (pihak ketiga dalam pengadaan/procurement) yang datang ke meja kerja saya, menanyakan dokumen apa saja yang dipenuhi untuk proses pengadaan barang/jasa tersebut. Dia datang berdua dengan asistennya yang sama-sama sudah sepuh.

Ketika saya memberikan penjelasan, tiba-tiba dia langsung cerita;

saya ini saudaranya si xxx lho, dia itu adik kandung saya.

kamu tau siapa saya? kamu pasti anak baru ya? orang lama disini pasti udah tau siapa saya, dulu saya ini kepala zzz lhoo

Dan saya dalam hati cuma bilang “lah terus kenapa?

Karena menurut saya dia sudah sangat tua (dia bilang telah pensiun beberapa tahun lalu) tentunya saya jauh lebih hormat dong sama dia, dan saya menghormati dia sebagai orang tua, sebagai partner kerja sama, bukan sebagai saudaranya si ini atau karena dia mantan pejabat.

Cerita 3

Ada seorang bapak tua, mahasiswa S2 yang melakukan riset di kantor saya, dia menanyakan surat izin riset dia sudah selesai atau belum saat itu.

Sayangnya, surat izin yang saya buat beberapa waktu lalu belum ditanda-tangani oleh Pimpinan (Kepala Badan). Saya sudah menjelaskan baik-baik kepada si Bapak itu, bahwa suratnya sudah saya proses dan tinggal ditanda-tangani saja.

Terus si bapak itu bilang begini;

Saya ni punya adik, dia itu teman sekelasnya si Jokowi lho, teman akrabnya gubernur kamu itu, terus saya juga kenal sama … bla bla bla.. *saya lupa dia show off apa lagi saat itu*

Dan saya cuma senyum-senyum waktu dia cerita. Maksud apa ya cerita-cerita begitu? apa dengan dia cerita kenal Jokowi surat risetnya langsung ditandatangan oleh pimpinan saya?

—————————————————————————————-

Dari 3 cerita itu saya menangkap kesimpulan bahwa :

Ternyata orang luar punya pikiran kalau mau berurusan dengan pemerintah itu harus kenal orang dalam, kalau mau dipercepat urusannya harus bilang kalau dia itu saudaranya si kepala badan ini, temannya kepala dinas itu atau menyebutkan jabatannya sebelum pensiun.

Kok gitu ya? kok masih berpikir cara lama ya?

Saya sebagai pegawai-yang-lumayan-sering-berhubungan-dengan-orang-luar dan diperlakukan seperti itu, rasanya kok yaa.. gimana gitu.

Sedikit sakit hati ๐Ÿ˜

Advertisements

2 thoughts on “Saya Ini Siapanya Siapa.

  1. aku ini kenalannya Presyl loh.. yang sering dengerin orang ngaku ngaku siapanya siapa… hehehe

    Mungkin di beberapa tempat, nepotismenya masih lekat ya.
    Eh Btw, klo misalnya pak Gubernurnya langsung yang kasih “titah” bakal langsung dilancarkan ga ya surat2 yang kamu urus syl?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s