Listrik Setengah Hati Masuk Kota

Chapter : People
Listrik Normal 90 Hari ??

Listrik Normal 90 Hari ??

Itu adalah foto banner kampanye dari salah seorang calon bupati Bengkulu Selatan. Agak jelek si ngambil fotonya,, maklum motretnya lagi di dalam mobil yang sedang berjalan. Terus perhatikan tulisan salah satu janjinya deh.. -Listrik Normal 90 Hari- merasa aneh dengan janji calon bupati tersebut ??

****

Rabu, 8 Oktober 2008 jam 05.15 wib. Start berangkat dari rumah saudara -karena kita berangkatnya bareng2 keluarga besar- di Duren Sawit menuju kota Manna, Bengkulu Selatan. Dalam rangka apa ke Bengkulu ?? bukan mudik kok. Hanya saja ada sepupu saya ada yang nikah sama perempuan asal Bengkulu, jadi datang. Intinya si kondangan. haha.

Setelah menempuh 21 jam plus 11 jam menginap di perjalanan, akhirnya sampai juga di kota Manna. Bukan kota kecil, karena Manna termasuk ibukota kabupaten. Tetapi belum sehari di kota Manna, saya sudah merasa miris. Mengapa ? ya karena kota ini sering banget mati listrik. Dan itu bisa beberapa jam lamanya. Bahkan hotel yang saya tempatin itu, yang katanya paling bagus tetapi menurut saya tidak bisa juga disebut hotel, butuh beberapa menit untuk menyalakan genset. Malahan kalau siang hari dibiarin aja mati listrik, ditegur dulu baru dinyalain gensetnya. Dan itu berlangsung setiap hari, entah sejak kapan ini berlangsung.

Makanya, memiliki genset itu hukumnya sudah sunah bagi masyarakat kota tersebut, malah wajib bagi pemilik usaha. Tetapi sayangnya, tidak semua penduduk memiliki genset yang harganya bisa mencapai jutaan. Begitu pula dengan para pemilik usaha kecil. Jika malam2 berkeliling, kotanya tidak segemerlap kota2 besar terutama Jakarta. Yang dilihat hanya ketidakseragaman mana yang memilik genset, mana yang tidak, terlihat dari rumah atau tempat usaha mereka yang hanya diterangi lilin ataupun lampu minyak. Dan sayangnya lebih banyak yang tidak mempunyai genset.

Disana jangan harap ada Mal. Boro2 ada mal, bioskop 21, apalagi J-CO atau Starbucks. MC D atau KFC saja tidak ada. Pasti mikir jika keadaan listrik tidak stabil yang ada malah sibuk beli bensin mulu buat nyalain genset terus-terusan. Berarti bisa dibayangin, kota dengan luas lebih dari 48 ribu hektar itu bagaimana bisa maju jika listrik yang merupakan salah satu penyokong dalam menjalankan usaha dan salah satu pemenuhan kehidupan tersedat-sendat ?

Ibu saya sampai berkata.. “mending tinggal di jakarta meski sumpek tapi masih ada listrik yang nyala terus, masih bisa belanja di tanah abang, di cempaka mas, masih ada mal, masih ada carrefour atau hypermart. Disini (baca : kota Manna) ??

Oleh karena itu, dari sekian banyak calon, hanya mereka berdua yang memasukan janji memenuhi listrik normal selama 90 hari. Tetapi, coba ditelaah lagi kata-katanya. Maksud kalimatnya itu listrik normal 90 hari.. lalu tersendat beberapa hari terus menyala normal 90 hari lagi.. atau hanya menyala 90 hari secara normal, lalu kembali seperti semula untuk seterusnya ? Seperti sepupu saya, lagi asik-asiknya nongkrong di toilet buat pup tiba-tiba ..jlebb.. gelap gulita.

Advertisements

34 thoughts on “Listrik Setengah Hati Masuk Kota

  1. beuh Punya wordpress. Gimana kesannya setelah pake WP?

    oia listrik di bengkulu emang gak normal ya?

    katanya presy__L : kesan awal simple. tapi ribet. karena baru make kali ya..
    dan mungkin bukan cuma bengkulu yg listriknya ga normal

  2. wah ga enak banget gw aja aliran 1 jam udah ga bisa apa apa,,apa lagi yang sering begitu kaya bengkulu

    katanya presyl : iya..kita terlalu dimanjakan.. dikit2 nelpon PLN. disana sudah terbiasa..

  3. “Disana jangan harap ada Mal. Boro2 ada mal, bioskop 21, apalagi J-CO atau Starbucks. MC D atau KFC saja tidak ada”

    disini banyak, tapi jarang tak datengin 😀

    yang penting jangan istrik nyala selama 90 hari dlm masa jabatan saja.. 😀 repot nanti.

  4. wah? rumah baru nih? 😀

    kalimatnya ambigu ya? “Listrik Normal 90 Hari”.

    gensetnya pake bensin juga?

    kebayang kalo bensin naek lagi… wuiih..

    katanya presy__L : anda benar. kebayang klo bensin naik lagi. lama2 yg dikasi makan genset.

  5. looh pindah gara2 layout ??

    weee jadi wordpress ga asik! haha ..

    wahaha normal 90 hari maksudnya apa coba ambigu banget …

    katanya presy__L : wp asik2 aja koq ben.. haha. iya ambigu. ga jelas tuh.

  6. yaaahh..
    bnran pindah k WP si kaka..

    btw, secrowded apapun jkt yg pntng listrik idup trus..
    yg penting ada j.co sm starbucks :)) *ngaco

    katanya presy__L : cie chacha..maenannya starbucks mulu ni..

  7. tapi gmn hasilnya??? i mean… stelah jadi tuh bupati tu org… apa dia menuhin janjinya??
    ntar kan stelah dibuktikan… bs dirayu2 oleh rakyat agar bisa hidup trus.. kyk slogan phillips.. trusterang,terang trus…

  8. y memang gitu dh…semenjak q TK ampe kuliah yg uda msk semester 7 listriknya emang payah!!!

    pokokx slama listikx belum normal, manna itu g akan maju!!! Bupatix ja meneng2 kalo ttg listrik, toh di rumah dinasx tersedia banyak jenis genset…!!!

    katanya presy__L : orang manna asli ya??? duh..ga kebayang orang asli sana mesti ngerasain kaya gitu.. gw aja cuma 3 hari dah ngomel2..

  9. kayaknya maksudnya gini : listrik akan normal 90 hari setelah mereka terpilih.. mungkin mereka ngitung-ngitung rencana memulihkan listrik dalam waktu 3 bulan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s